Rabu, 04 April 2012

Menggabungkan dua buah foto menggunakan aplikasi photoshop


       Untuk menggabungkan dua buah foto dengan menggunakan aplikasi photoshop, terdapat beberapa langkah yang harus diikuti agar hasilnya maksimal. 
 
Adapun langkah-langkah yang harus diikuti antara lain :
1)        Klik start, pilih aplikasi Photoshop atau bisa juga dilakukan dengan mengetik icon photoshop yang terdapat pada layar kompute. Jangan lupa untuk menyiapkan foto bayi dan laptop yang akan digabunggkan!
2)   Setelah aplikasi photoshop terbuka, buatlah sebuah laman baru dengan mengisi data yang diperlukan seperti yang ditunjukkan oleh gambar.

Klik file         New, Pada kotak dialog New masukkan nama Bayi dan Laptop, ukuran lebar 500 pixels dan tinggi 400 pixels. Pastikan bahwa ukuran gambar anda adalah pixels!Kemudian klik ok.
 
Kotak Dialog New
  • Kemudian, untuk membuat tampilan background menjadi lebih menarik dan berwarna, klik layer background dengan cara Seleksi layer background pada kotak dialog layer, klik tombol Create new fiil or adjustment layer  pada kotak dialog Layer, pilih Solid Color dan pilih warna yang diinginkan.
4)        Setelah itu klik file-open, pilihlah foto bayi.jpg dan laptop jpg yang telah dipersiapkan terlebih dahulu.
5)        Kemudian, untuk menggabungkan foto Laptop dan Bayi ke Bayi_dalam_Laptop, kita bisa menggunakan Move Tool  dengan men-drag foto bayi dan foto Laptop ke layer background, sehingga tampilan menjadi seperti gambar di bawah. Perhatikan kotak dialog layer! Akan terlihat susunan layer dengan layer background berada paling bawah foto bayi dan laptop yang dinamai layer 1 dan layer 2.
6)        Untuk menghilangkan background putih  pada masing-masing layer, dapat digunakan Magic Wand Tool   atau Magnetic Laso Tool . Perhatikan menu yang terdapat pada sisi sebelah kiri layar untuk dapat menggunakan tools tersebut.
 
7)        Setelah background yang berwarna putih tersebut dihilangkan, langkah selanjutnya adalah menggeser foto bayi ke dalam laptop. Untuk dapat menggeser Bayi sehingga berada di dalam Laptop, pastikan terlebih dahulu bahwa foto bayi berada pada layer 2, dan foto laptop berada pada layer 1. Kemudian gunakan komponen Free Tranform (Edit > Free Transform atau CTR+T) 
8)       Setelah foto bayi tergeser ke dalam foto laptop, langkah selanjutnya adalah menggabungkan kedua layer tersebut, sehingga tidak terpisahkan oleh layer1 dan layer 2. Klik layer pilih merge layer maka gambar akan tergabung menjadi satu.
9)        Ketiklah Teks "Bayi dan Laptop" dengan menggunakan Text Tool
10)    Simpan file dengan dengan format JPG
 

              Fungsi dari Tools dan Komponen yang digunakan dalam menggabungkan dua buah foto dengan menggunakan aplikasi photoshop

a.       Untuk membuat laman baru pada photoshop, buka kotak dialog pada file klik new.
b.      Untuk memberi warna pada background klik Layer pilih Layer Form Background dan pilih warna yang disukai.
c.       Move Tool  : untuk mendrag foto atau untuk memindahkan foto kedalam layer background
d.      Magic Wand Tool  atau Magnetic Laso Tool .: berfungsi untuk membersihkan atau menghilangkan background putih pada background foto bayi dan foto laptop.
e.       Untuk menggeser foto bayi ke dalam foto laptop gunakan komponen Free Tranform (Edit > Free Transform atau CTR+T) 
f.       Untuk membuat teks pada gambar bayi dan laptop gunakan teks tool
g.      Kemudian simpan file dengan forat JPG, klik fle pilih Save As dan pilih format penyimpanannya.
 

Kesimpulan dari penggabungan dua foto menggunakan aplikasi photoshop

Dengan menggunakan aplikasi photoshop, kita dapat menggabungkan 2 buah foto yang berbeda menjadi sebuah foto yang terlihat real dalam satu kesatuan. Dengan menggunakan aplikasi photoshop, kita mampu menggabungkan dua foto dengan mudah dan mendapatkan hasil yang lebih baik dan memuaskan.
File 1. Foto Bayi
File 2. Foto Laptop

Tidak ada komentar:

Posting Komentar